Keranjingan Teknologi Fotografi Modern Digital


Di jaman serba digital seperti sekarang ini, mengubah sejarah peradaban manusia secara ekstrim. Teknologi digital yang instan mulai menggeser teknologi analog dan manual yang bikin ribet. Teknologi digital modern ini mulai bikin gw tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Dan seperti biasanya, gw yang lagi seneng-senengnya bermain-main dengan foto, mulai tertarik mempelajari teknologi fotografer digital. Setelah gagal mengajukan proposal untuk beli kamera DSLR, kalo beli bukunya untuk mempelajari teorinya sih boleh-boleh aja. Cuma yah jadinya "kentang" alias kena tanggung, bikin gw makin penasaran aja. Secara selama ini cuma punya kamera poket digital yang jadul (cuma 4 MP), dan memang gak bisa langsung praktek teori yang gw dapet dari beberapa narasumber. Tapi beberapa trik-trik memotret bisa juga diterapin di kamera gw ini.

Inspirasi datang pada saat gw dapet bukunya Edi S. Mulyanta yang berjudul Teknik Modern Fotografi Digital, yah di buku itu memang banyak teori-teori yang bagus buat yang mau belajar fotografi. Buku ini memang pas buat para pemula dan amatiran kayak gw ini. Ulasan dengan bahasa yang sederhana dan enak buat diikutin, pasti bikin penasaran dan ingin langsung praktek. Beberapa tips dari penulis juga berguna bagi yang sama sekali belum punya pengalaman di bidang fotografi. Setelah baca beberapa ulasan di buku itu, gw semakin menyadari kalo gw ternyata masih jauh dari amatir. Gw coba lihat-lihat lagi hasil jepretan gw dari berbagai kamera digital pinjaman, dan ternyata masih banyak kesalahan yang gw lakukan. Dan memang terlihat kalo gw asal jepret, dah gak ngelihat komposisi gambar lagi. Hasil jepretan gw lebih banyak berisi gambar-gambar momen atau snapshot, tapi banyak juga yang hasilnya masih kabur alias gak jelas fokusnya dan gak jelas obyeknya. Gw jadi malu sendiri kalo mau mamerin hasil karya ini di dunia maya.
Beberapa bulan yang lalu pernah ada temen SMA gw yang nawarin untuk ngajarin gw menggunakan kamera DSLR, tapi yah syaratnya gw harus punya sendiri kamera DSLR. Walaupun itu cuma kamera seken atau kamera DSLR yang amatir masih dalam kategori yang wajar dan dapat diterima. Tapi karena sampai saat ini gw masih belom punya kameranya, mungkin temen gw itu dah males lagi kali memberikan kursus gratis ini. Tadinya gw berharap pake kamera temen gw itu dulu, tapi ternyata usul gw ini langsung ditolak mentah-mentah. Karena percuma aza belajar kamera DSLR tapi kameranya boleh minjem.

So...kapan punya kamera DSLR?

0 comments:

Posting Komentar

Translate

Looking for something?