Sabtu senja di stasiun kereta

Sabtu senja itu menunjukkan pukul 17.15, dan gw dah menginjakkan kaki di stasiun yang didominasi warna kuning dan hijau stabillo dari lantai sampai ke dindingnya. Di setiap weekend kayak gini, stasiun penuh dengan orang-orang yang mau mudik singkat ke kampung halaman yang jaraknya biasanya gak terlalu jauh, seputaran Bandung sampai Cirebon. Gw sempet liat beberapa calon penumpang yang terlihat panik berlarian karena mungkin belum terbiasa naik kereta dari stasiun yang gw liat masih minim informasi ini. Salah satu ibu - calon penumpang kereta kalo liat dari tampangnya, mendekati dan mulai bertanya kereta yang baru saja gw tumpangin, ternyata si Ibu itu mau ke arah Cirebon, berarti naik kereta Argo Jati yang tadi mengantar gw dari Cirebon. Fuih...sibuk sekali stasiun ini!


Stasiun Cirebon yang sepi nan sunyi


Gak seperti Gambir, di stasiun Cirebon lebih santai. Gak banyak orang yang panik. Mungkin salah satu yang terlihat panik plus norak cuma gw sama Mas Dikin - yang kebetulan dapet tugas buat nganter mobil operasional salah satu unit di Cirebon, berbekal oleh-oleh keripik jagung khas Cirebon yang terbungkus kantong plastik hitam, kami menungu kereta ke Jakarta sambil nongkrong di pinggir rel, * Kalo ditengah rel katanya gak boleh dan bakalan diomelin sama masinis.


Mas Dikin dan oleh-oleh yang setia menungu kereta tiba

Setelah hampir setengah jam menunggu, gw rada curiga juga, kereta yang jadwalnya jam 14.00 masa sudah kurang 15 menit dari jadwal keberangkatan tuh kereta belom nongol juga. Mas Dikin pun berinisiatif nanya ke salah satu petugas berseragam yang sedang mengatur penumpang yang akan masuk ke gerbong kereta. Setelah bertanya dan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan, ternyata kereta yang dari tadi kita pelototin di depan tongkrongan ini adalah kereta menuju Jakarta yang tiketnya sudah kita beli dan bangkunya sudah menunggu manis untuk didudukin. * Beuh....Nyaris aja terjadi tragedi tertinggal kereta di Cirebon!

Memang pas antri beli tiket pun kita gak tergesa-gesa, karena masih banyak waktu yang tersisa dari jadwal keberangkatan Argo Jati ke Jakarta. Pukul 13.15 aja kita dah nyampe di stasiun Cirebon dianter Mas Prayitno, salah satu accounting unit di Cirebon, pake mobil yang baru saja diserah-terimakan. Untung aja kaga lecet tuh mobil baru, secara baru ngaso sekitar 1 jam dah harus dipake buat nyari oleh-oleh di Pasar (yang gw lupa nama pasarnya, tapi yang jelas di situ ada toko Shinta manisan) titipan Mba Wid, yang udah wanti-wanti pake nitip duit segala, buat dibeliin keripik jagung yang katanya gurih plus nikmat itu. Keripik jagung ini dijual per bal (kira-kira beratnya 2 kg), dan gedenya dah kayak bantal yang abis ditambahin kapuknya, montok banget! Mau gak mau harus dibagi menjadi beberapa bungkus biar gak terlalu ribet bawanya, secara pulang ke Jakarta kita bakalan naik kereta.

Sebelum berangkat cari oleh-oleh, kita dah makan dulu jadi walaupun ngeliat banyak jajanan di pasar dah kaga ngiler lagi, soalnya perut dah diisi beraneka ragam makanan dan cemilan sampai buncit. Makanan yang disajikan salah satunya adalah makanan khas yang bikin gw penasaran akan cerita temen-temen gw yang dah pernah ke sini, yaitu Empal Gentong. Racikan makanan daging empal berikut kuah santan dan yang bikin nikmat rasanya adalah disajikan dalam wadah dari gentong tanah liat. Cukup unik dan rasanya emang enak banget, gak ada tandingannya di daerah lain deh! * Lah emang masakan khas di sini..

Walau perut belum laper dan belum waktunya juga, tetep aja nekat makan dan tidak menghabur-haburkan kesempatan emas ini * naluri anak kost tiba-tiba muncul. Secara dalam perjalanan ke Cirebon dah dibekelin pisang goreng dari unit yang di Jakarta pas ngambil mobil operasional yang sudah 2 hari dititipkan di sini. Memang kalo pergi jauh kayak gini harus banyak bawa sajen eh bekel, kalo gak bakalan belingsatan gak jelas nahan laper di jalan. Apalagi harus berangkat sebelum matahari nongol di ufuk timur, sarapan menjadi kewajiban yang gak boleh ketinggalan. Tapi ada satu ritual yang gw lupakan. Gw belum BAB....mudah-mudahan masih bisa bertahan sampai Cirebon! Ugh....

0 comments:

Posting Komentar

Translate

Looking for something?